Buku Saku Calon TKI

Posted: March 31, 2011 in BUKU SAKU CTKI

Proses Penempatan dan Kepulangan TKI

1.       Tahap Pendaftaran

  • Di mana saya bisa mendapatkan informasi tentang bekerja ke luar negeri?
  • Di mana saya bisa mendaftarkan diri sebagai calon TKI?
  • Dokumen apa yang diperlukan untuk mendaftarkan diri sebagai calon TKI?

2.       Tahap Rekrutmen dan Pra-Pemberangkatan

  • Apa yang akan saya alami setelah saya mendaftarkan diri untuk bekerja ke luar negeri?
  • Apa yang seharusnya saya alami ketika saya tinggal di penampungan?
  • Biaya apa saja yang harus saya keluarkan untuk bekerja ke luar negeri?

3.       Tahap Pemberangkatan

  • Apa yang akan saya alami pada hari pemberangkatan?

4.       Tahap Penempatan

  • Apa yang akan saya alami setibanya di Negara penempatan ?
  • Apa hak saya sebagai TKI selama masa penempatan ?

5.       Tahap Kepulangan

  • Kapan saya bisa kembali ke Indonesia ?
  • Apa yang akan saya alami sebelum pulang ke Indonesia?
  • Apa yang akan saya alami ketika saya tiba di Indonesia?
  • Jika saya menjadi korban perdagangan orang, bantuan apa saja yang bisa saya peroleh?
  • Di mana saya bisa mendapatkan informasi mengenai program-program yang ditujukan kepada TKI Purna?
  • Alamat dan Nomor Telepon Penting
  • Alamat dan nomor telepon KBRI/KJRI di luar negeri.
  • Alamat dan nomor telepon Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di Indonesia.
  • Alamat dan Nomor telepon badan pemerintah yang menyediakan layanan TKI.

 

Buku Saku Bekerja ke Luar Negeri Secara Legal dan Aman ini disusun oleh Organisasi Internasional untuk Migrasi (OIM) Indonesia dengan dukungan dana dari United States Government Office to Monitor and Combat Trafficking in Persons (G/TIP). Isi Buku Saku ini telah dikoordinasikan dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) dan Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia.

Sumber : http://www.bnp2tki.go.id

Leave a Reply

